Tips merawat laptop dan smartphone

Semakin majunya teknologi laptop dan smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari entah itu bagi orang dewasa, seorang anak remaja ataupun seorang anak kecil.


Memang tidak bisa di pungkiri lagi secara fungsionalitas kalau untuk laptop dan smartphone ini sangat memiliki banyak kelebihan di banding dengan komputer.
Contoh nya : laptop dan smartphone itu bisa kita bawa kemana-mana dengan mudah nya.
Bisa kita gunakan saat kita sedang di dalam rumah mau pun di luar rumah.

Kendati demikian sering kali kita temukan di sekeliling kita mau itu rekan ,kerabat ataupun teman, banyak sekali yang menggunakan laptop dan smartphone dengan sembarangan atau tidak memperhatikan kesehatan laptop dan smartphone itu sendiri.

Nah mengenai hal itu saya ingin membagikan tips cara merawat laptop dan smartphone agar tetap dalam performa terbaik dan juga agar tidak cepat rusak.

Karna saya adalah seorang blogger tentu saya pasti pengguna laptop dan smartphone. Maka dari itu saya ingin berbagi tips di bawah ini untuk anda semua.

Tips merawat laptop


Dengan memasang Antivirus
Sudah pasti yang nama nya komputer ,laptop bahkan smartphone pun membutuhkan tool yang satu ini. Antivirus sangat berguna untuk melindungi kita dari serangan virus yang dapat menjadikan performa laptop kita melambat.

Download file-file yang yang di butuhkan saja
Download lah file-file yang dirasa penting, jangan mendownload file-file yang tidak penting bahkan sampai mendownload file yang sama hingga 2-3 kali. File-file itu hanya menjadi file sampah atau file yang mungkin tidak akan pernah anda gunakan dan akhirnya membuat laptop menjadi lambat.

Gunakan software cleaner
Software cleaner untuk menjaga laptop tetap dalam performa terbaik. Pembersihan terhadap laptop dari cahce-cache harus di lakukan secara rutin, boleh seminggu sekali. Untuk software cleaner anda bisa menggunakan CCleaner atau software lainnya yang di rasa nyaman.

Hapus startup application yang tidak penting

Setelah aplikasi terinstall, sekarang kita ke startup application. Startup application adalah aplikasi yang berjalan ketika sistem operasi baru hidup. Nah biasanya aplikasi ini juga yang membuat laptop terkesan sangat lamban saat baru di hidupkan.

Gunakan coolingpad
Untuk melancarkan sirkulasi udara sebaiknya gunakan cooling pad atau kipas pendingin. Coolingpad sangat berguna untuk menstabilkan udara panas yang di hasilkan dari kinerja komponen laptop tersebut.

Letakkan laptop pada tempat yang tepat
Perhatikan juga tempat yang akan kita gunakan saat bekerja dengan laptop. Jangan meletakkan laptop di kasur atau tempat yang empuk saat laptop dalam keadaan hidup. Udara panas pada laptop tidak akan keluar karena rongga rongganya tertutup. Pilihlah tempat yang permukaannya keras, dengan begitu laptop akan memiliki rongga meskipun sedikit.

Jauhkan dari air
Dalam kondisi hidup atau pun mati usahakan jangan dekat dengan air. Pasti sudah tau kan kalau laptop terkena air itu gimana jadi nya? (Rusak)


Tips merawat smartphone


Matikan ponsel jika sedang tidak di pakai/dalam posisi sedang mengisi batre (ngcas)
Ponsel yang sedang tidak di pakai atau tidak di gunakan sebaiknya di matikan hal ini di untuk mendinginkan bagian komponen-komponen elektrik pada smartphone khususnya ram dan processor yang merupakan otaknya smartphone.

Restart ponsel setiap hari
Melakukan restart setelah pemakaian penuh sangat di anjurkan tujuannya yaitu untuk merefresh jaringan sistem operasi android agar dapat menjalankan setiap aplikasi dengan lebih normal.

Lakukan scanning apabila ram penuh
Ponsel anda berat ketika menjalankan aplikasi bisa jadi karna ramnya penuh untuk itu anda perlu membersihkan ram yang penuh dengan cara scanning, tapi sebelum anda membersihkan ram hapus dulu aplikasi yang sedang berjalan hal ini di lakukan untuk lebih menormalisasikan kondisi ram dan aplikasi yang anda jalankan.

Lakukan pembaharuan aplikasi
Memperbaharui aplikasi bisa di bilang wajib karena aplikasi selalu di update setiap saat, biasanya aplikasi di perbaharui berdasarkan pemeberitahuan dari developer nya.

Gunakan anti virus dan update secara rutin
Menginstall dan menggunakan anti virus di smartphone sangat penting yakni untuk menjaga smartphone agar tidak terkena virus, biasanya virus masuk dari jaringan internet, aplikasi dan file masuk dari hasil bluetoot/download.

Buang aplikasi yang sudah tidak di pakai
Bagi pengguna smartphone/android memiliki banyak aplikasi memang penting namun terlalu banyak aplikasi dapat menimbulkan pemborosan baterai dan hp jadi berat untuk itu langkah terbaik adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang memang sudah tidak di pakai.

Gunakan anti gores untuk melindungi layar
Layar adalah bagian terpenting bagi smartphone karena hampir 90% aktivitas touching kita lakukan di atas layar, untuk itu melindungi layar dari goresan tangan kita bisa menggunakan lapisan anti gores.

Selalu gunakan charger bawaan/original
Menggunakan charger bawaan pabrikan ponsel (original) memang sangat di sarankan karena asumsi daya listrik yang masuk ke baterai sudah di sesuaikan dari pabriknya langsung, memang semua jenis charger cocok untuk kebanyakan android tetapi menggunakan charger beda merek pastilah menimbulkan efek samping bagi baterai itu sendiri. jadi sangat di sarankan menggunakan charger sesuai dengan merk smartphone tersebut (agar batre awet dan tidak cepat kembung).

Jangan terlalu sering bermain game
Smartphone atau hp android memang asik digunakan untuk bermain game karena selain layarnya lebar tampilan graphic nya juga bagus, di Indonesia sendiri hampir 70% pengguna menggunakan smartphone untuk bermain game, namun demikian kebanyakan atau terlalu sering bermain game di android tidak baik bahkan dapat menimbulkan kerusakan pada komponen sebut saja, ram, processor dan baterai.

Bersihkan debu yang menempel pada smartphone
Membersihkan debu pada smartphone maupun laptop itu penting untuk anda lakukan karena debu dapat menghambat kinerja smartphone bahkan debu juga membuat hp android/laptop cepat panas, nah untuk membersikhan debu anda bisa gunakan koas mini dan cara mebersihkannya harap perhatikan bagian sudut layar, speaker, slot usb dan baterai karena biasanya debu masuk dari situ dan lebih bagus buka semua casing nya/bongkar ,lalu di bersihkan. Dan lebih bagus lagi membersihkan nya memakasi kapas untuk korek kuping lalu di kasih minyak kayu putih sedikit.

Saya selalu melakukan cara itu pada smartphone dan laptop yang saya gunakan dan alhamdulilah laptop dan smartphone saya sudah 3 tahun lebih masih tetap awet walaupun ada lecet-lecet sedikit di body yang penting daleman nya masih mulus ya :)

Semoga artikel tips merawat laptop dan smartphone nya bisa dapat bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama