Tips blogging menggunakan bahasa inggris dan bahasa indonesia

Blogging merupakan suatu hobi dalam menulis atau aktifitas yang sangat menyenangkan karena selain menyenangkan juga bisa untuk menghasilkan uang.

Untuk menghasilkan uang banyak dari suatu blog atau website tentu saja anda membutuhkan banyak pengunjung, sedangkan banyak nya pengunjung tergantung bagaimana anda mengelola blog atau web anda dengan baik.

Kali ini saya akan membahas blogging menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa internasional yaitu bahasa inggris.


mana yang lebih baik????
Banyak pendapat yang berbeda tentang versi ini tentang penggunaan bahasa indonesia dan bahasa inggris di suatu blog atau web mereka. Dan disini saya hanya berbagi sesuai dengan pendapat dan pengalaman saya sendiri sesuai dengan judul blog saya "Cara Gery", karna saya juga mengelola beberapa blog dari blogger yang berbahasa indonesia dan berbahasa inggris untuk blog dan web saya. Dan menilik dari pengalaman saya tersebut berikut pembahasan mengenai penggunaan bahasa indonesia dan bahasa inggris di blog atau web.

Penggunaan blog berbahasa indonesia seperti kita ketahui akan menghasilkan pengunjung atau user juga dari orang-orang yang memiliki kemampuan berbahasa Indonesia, kalaupun ada pengunjung dari luar hal itu bisa juga menggunakan translate bahasa atau mungkin juga pengunjung yang menyasar.

Beberapa visitor lebih mungkin datang mengunjungi blog atau web anda jika mereka memiliki kemampuan atau mengetahui bahasa Indonesia ataupun memiliki kesamaan dalam bahasa yang hampir mirip sebagai contoh saja bahasa melayu seperti malaysia.

Tingkat kata kunci masih memungkinkan untuk melakukan upaya, karena persaingan untuk kata kunci berbahasa Indonesia umum nya lebih longgar dari pada kata kunci untuk berbahasa Internasional sepereti bahasa inggris. Namun untuk menghasilkan uang dari suatu blog berbahasa indonesia masih kalah jauh dengan blog berbahasa inggris karena umumnya Advertiser (pemasang iklan) Indonesia lebih murah, berbeda dengan advertiser luar yang berani membayar mahal dalam iklan atau promosi mereka.

Penggunaan bahasa inggris di blog sebenar nya sangat baik untuk berbisnis online atau menghasilkan uang dari blog atau web sangat baik karena seperti yang saya sebutkan di atas bahwa para advertiser dari luar berani membayar mahal atas promosi yang mereka lakukan, namun sulitnya adalah mendapatkan pengunjung karena kata kunci untuk bahasa inggris memiliki persaingan sangat sengit karena maklum saja ratusan ribu bahkan jutaan web atau blog berbahasa Inggris di luar sana sudah sangat banyak sekali.

Perbedaan bahasa konten bukan hanya berpengaruh pada jangkauan audience, tetapi juga akan menyisakan perbedaan pada sisi yang lain, di antaranya :

Tingkat persaingan


Jika anda ngeblog menggunakan bahasa indonesia di mana visitor blog hanya datang dari beberapa negara sebagaimana di jelaskan di atas, maka tingkat persaingan untuk menduduki peringkat terbaik di hasil pencarian mesin pencari relatif mudah. Wacana ini di karenakan tingkat persaingan relatif longgar. Berbeda dengan konten blog berbahasa inggris yang notabene merupakan bahasa dunia, maka tingkat persaingan yang akan anda hadapi menjadi lebih sulit.

Terlepas dari faktor persaingan kata kunci, jika anda hanya membutuhkan 3-6 bulan untuk mengoptimasi blog berbahasa indonesia, maka tidak menutup kemungkinan anda membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun untuk proses optimasi blog dalam berbahasa inggris.

Monetisasi blog


Apabila tujuan anda blogging untuk mencari penghasilan online, maka terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara blog berbahasa indonesia dengan blog berbahasa inggris sebagai media penghasil uang secara online.

Blog berbahasa inggris lebih mudah di monetisasi. Blog berbahasa inggris mempunyai jangkauan pengunjung dari berbagai negara sehingga hal ini membuka lebih banyak ruang bagi blog tersebut untuk di monetisasi. Selain lebih mudah di monetisasi, bagi anda yang bermain di Pay Per Click (PPC), harga klik iklan blog bahasa inggris juga jauh lebih mahal di bandingkan blog yang menggunakan bahasa indonesia.

Bahkan dari pengalaman saya sendiri saya pernah mendapatkan klik seharga 500 ribu jika dikurs rupiah untuk blog berbahasa inggris dan untuk blog berbahasa indonesia saya pernah mendapatkan per klik harga paling tinggi yang pernah saya dapat yaitu 50 ribu rupiah.

Nah di lihat dari pengalaman saya di atas dapat di simpulkan bahwa penggunaan bahasa inggris akan sangat baik untuk monetize blog anda, namun anda harus pandai dalam membuat konten berbahasa inggris yang baik dan benar. Semakin besar jumlah pengunjung semakin besar peluang anda menghasilkan uang.

Namun anda juga tidak boleh menyepelekan blog berbahasa indonesia, banyak juga blog atau web yang sukses mendapatkan jutaan, puluhan juta bahkan ratusan juta per setiap bulan nya dari blog berbahasa indonesia. Yang terpenting anda mampu mengelola blog anda dengan lebih baik, hindari copy paste atau mencuri artikel atau mencuri gambar,sehingga agar kualitas artikel baik blog anda lebih baik.

Sekian dari tips blogging menggunakan bahasa indonesia dan bahasa inggris nya. Semoga bisa menambah wawasan untuk kita dan semoga bisa bermanfaat.
Lebih baru Lebih lama