Belajar mengenal fungsi html dan css



Menurut rekomendasi dari W3C untuk pembuatan suatu website dan untuk menjadikan nya kerangka dari web tersebut anda perlu menggunakan HTML dan untuk design dari website. Anda di tuntut untuk menggunakan CSS.

Jika anda akan membuat suatu artikel pada blog/web dengan align center maka pada penulisan HTML anda tidak di anjurkan untuk membuat Tag: (Align) tetapi cukup dengan menulis artikel nya saja.

Kesimpulan nya HTML untuk membangun dasar kerangka dan untuk penulisan artikel saja sementara CSS berfungsi untuk mendesain halaman suatu website/blog.

Sekarang ke aturan penulisan CSS


Dalam penulisan CSS ada aturan yang harus di gunakan. Pada CSS ada komponen utama dalam penulisan nya yaitu (Selektor dan Deklarator).

Contoh dasar penulisan CSS :
Selektor {Deklarator}; Selektor
Merupakan Tag dari penulisan HTML semisal H1,H2,p,b dan lain-lain.

Deklarator yang memerintahkan browser untuk membuat tampilan pada selector sesuai dengan perintah yang ada pada deklarator. Sedangkan deklarator terdiri dari 'Property dan Value' .Biasa nya pada penulisan artikel banyak menggunakan Tag <p> (paragraph) jika ingin merubah penulisan font dari artikel anda pada paragraph, maka pada penulisan CSS nya sebagai berikut :
p {font-family: verdana};
Merupakan selektor dari paragraph dan yang berada dalam kurung kurawal yaitu deklarator nya yang memerintahkan browser untuk menampilkan artikel paragraph dengan font verdana.

Sedangkan font-family yaitu 'Property' sedangkan verdana yaitu 'Value'. Untuk rumus kode nya :
Selektor { Property : Value };
Rumus kode tersebut merupakan kunci untuk menguasai CSS. Sebenar nya CSS itu sangat-sangat sederhana sekali (simple).

Lanjut...

Selektor yang bisa di tulis secara langsung dengan menghilangkan tanda <…>
Misal nya <p> anda cukup tulis p nya saja.

Selector ID dan selektor Class.

Coba anda bayangkan jika anda mau merubah tampilan tag <p> dan tampilannya berlainan. Misal nya untuk 'font' ,anda bisa menentukan tag <p> di CSS tetapi jika pada penulisan p {font-family:arial} maka semua tag <p> akan di rubah menjadi font arial.

Bagaimana jika salah satu pada Tag <p> font nya di rubah menjadi verdana??? untuk itu anda membutuhkan 'Selector id atau Class'.
Contoh penulisan pada Tag HTML fungsi dari selektor Id yaitu untuk memberi tanda agar pada tag HTML yang sudah di beri ID bisa di beri format lain.
<p id= “toc”>Tulisan disini </p> <p> Tulisan yang lain nya disini</p>
Berarti anda memberi selektor id dengan nama (toc) dan pada CSS anda bisa memberi rumus code di bawah ini :
P (font-family:verdana} #toc{ font-family:arial}
Pada selektor id penulisan id di tandai menggunakan tanda ‘#’ yang berarti artikel pada p sudah di beri id dan akan di baca font menjadi arial sedangkan p yang lain di baca menggunakan font verdana.

Untuk selektor class fungsinya sama dengan selektor id namun pada selektor class anda bisa memberi lebih dari satu selector class tetapi pada selektor id anda tidak bisa memberi nama id yang sama.

Contoh penulisan selektor class :

Pada tag HTML <p class=”media”> tulisan anda disini</p>
Pada CSS : .media {font-family:calibri}
Pada selektor class penulisan class di tandai menggunakan tanda ‘ . ’ Kesimpulan nya pada kedua selektor ini fungsi nya sama namun yang membedakan adalah pada selektor id anda tidak bisa membuat lebih dari satu dengan kata lain selector id di gunakan untuk yang spesifik.

Sedangkan selektor class anda bisa menaruh selektor class pada Tag HTML lebih dari satu namun semua itu nantinya tergantung akan kebutuhan anda.

Baca selengkap nya di sini »
Lebih baru Lebih lama